Positive SSL

Akhir Tahun Sudah di depan Mata, Yuk Intip 8 Destinasi Paling di Lirik di Jogja

Akhir Tahun Sudah di depan Mata, Yuk Intip 8 Destinasi Paling di Lirik di Jogja

Tak terasa akhir tahun akan datang sebentar lagi. Waktunya menyiapkan rencana liburan akhir tahun yang menyenangkan. Berbicara mengenai liburan, Kota Jogja menjadi salah satu destinasi favorit yang paling dicari di Indonesia. Kota yang sarat budaya dan keanekaragaman wisatanya ini menyuguhkan berbagai destinasi yang menarik dan paling di lirik wisatawan, baik domestik maupun wisatawan asing.

Berikut merupakan 8 destinasi paling dilirik di Kota Jogja:

  1. Kaliadem

Wisata ke daerah Kaliadem atau Bunker Kaliadem akan menyuguhkan Anda pemandangan dengan latar Gunung Merapi yang gagah dan eksotik. Selain berwisata, Anda juga akan mengenal lebih banyak sejarah dan material gunung Merapi. Tempat wisata ini terletak persis di atas tempat mantan juru kunci Merapi yaitu Mbah Maridjan, tepatnya pada ketinggian 2.963 meter di atas permukaan laut.

Kawasan Kaliadem memiliki luas sekitar 25 hektar dan dikelilingi oleh hutan pinus yang menjadikan kawasan ini berhawa sejuk dan menenangkan. Keitka Anda menginjakkan kaki di Kaliadem, sejauh mata memandang akan terlihat hamparan pasir putih dan juga bebatuan vulkanik yang menarik.

Rute untuk menuju Kaliadem bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Jogja atau menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor karena medan yang ditempuh berkelok dan cukup terjal. Anda bisa memanfaatkan jasa sewa motor Jogja untuk mempermudah Anda mencapai tujuan ke tempat ini ya.

 

 

  1. Museum Ullen Sentanu

Jika Anda berniat untuk mengadakan liburan akhir tahun, Anda wajib mencantumkan nama museum Ullen Sentanu dalam daftar yang harus dikunjungi. Museum ini terpilih sebagai museum kedua terbaik di Indonesia tahun 2018 oleh para pengguna situs travel TripAdvisor.

Museum Ullen Sentanu banyak mengisahkan tentang peradaban kerajaan Mataram yang terpecah menjadi 4 keraton di Yogyakarta dan Solo. Anda bisa menelusuri sejarah dengan melihat banyak lukisan dan foto bangsawan pada zaman tersebut, koleksi kain batik Solo dan Yogyakarta, gamelan kuno, arca-arca Hindu-Budha, serta peninggalan lainnya.

Museum ini terletak 25 km utara dari pusat kota Yogyakarta dan Anda bisa mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Namun akan lebih cepat dan efektif jika menggunakan kendaraan motor. Anda tidak perlu bingung untuk mencapai tempat magis ini, karena kami menyediakan sewa motor di jogja yang siap 24 jam melayani kebutuhan Anda.

  1. Kebun Buah Mangunan

Berada di ketinggian kurang lebih 200 meter diatas permukaan laut, menjadikan tempat ini dijuluki sebagai kebun diatas awan. Kebun buah Mangunan dibangun pada tahun 2003 dengan komposisi berbagai jenis buah-buahan seperti pohon mangga, rambutan, durian, manggis dan masih banyak lagi. Selain pohon buah, Kawasan ini juga memiliki pohon jati dan pohon pinus.

Terkadang, Anda akan disuguhkan dengan kabut yang menambah cita rasa khas kebun diatas awan. Namun jika kabut tidak datang, Anda bisa melihat pemandangan Pantai Parangtritis yang melegenda dan pemandangan Sungai Oya yang melintang berkelok. Sungai Oya ini membuat pesona kebun buah Mangunan tampak sempurna.

Kebun buah Mangunan terletak di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju tempat ini, Anda bisa arahkan kendaraan Anda dari terminal Giwangan menuju jalan Imogiri Timur. Ikuti jalan hingga sampai disebuah lapangan. Kurang lebih 500 menter dari lapangan lalu belok kanan menuju ke kebun buah Mangunan. Akan ada papan petunjuk yang bisa digunakan Anda sebagai penunjuk jalannya.

Untuk mempermudah perjalanan Anda menuju tempat ini Perdana Rent telah menyediakan jasa sewa motor di Yogyakarta dan siap menjadi partner yang menyediakan kendaraan wisata Anda.

  1. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun yang berlokasi di Kulon Progo ini memiliki dua warna air, yaitu hijau tosca dan putih. Warga sekitar biasa menyebut lokasi ini sebagai waterpark alami karena kolam renangnya terbentuk secara alami. Air disini juga berasal dari sumber mata air yang terjun dari sebuah terjunan air yang jaraknya tidak jauh dari Kawasan Kedung Pedut.

Kedung pedut berasal dari dua kata, yaitu kedung berarti genangan dan pedut berarti dalam. Jadi jika digabung, kedung pedut memiliki arti genangan air yang cukup dalam. Selain keindahan yang disajikan melalui airnya, wisata ini didukung oleh indahnya Kawasan alam yang mengitarinya. Bebatuan alami yang menghiasi menjadi spot foto yang selalu menarik setiap pengunjung yang datang.

  1. Hutan Pinus Mangunan

Wisata yang satu ini berlokasi tidak jauh dari kebun buah Mangunan karena hanya sekitar 24 km dari pusat kota Jogja. Seperti Namanya, tempat ini dipenuhi dengan pohon-pohon pinus yang dikenal dengan nama Pinus Merkusi yang menarik dan meneduhkan.

Selain itu, terdapat sebuah panggung yang dikelilingi oleh kursi dari kayu layaknya panggung teater yang bisa dijadikan objek foto paling menarik.

  1. Pantai Indrayanti

Pantai yang sering direkomendasikan para wisatawan ini terletak di desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Lokasi pantai Indrayanti berada di area wisata pantai Gunung Kidul. Letaknya tidak jauh dengan destinasi pantai lainnya seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Sundak atau Pantai krakal. Dari pusat kota Jogja jaraknya kurang lebih 66 km dengan rute jalan naik turun dan berbelok-belok.

Pantai Indrayanti menawarkan suasana khas pantai selatan yang syahdu bersinergi dengan bingkai samudera Indonesia. Terkadang, di pantai ini terdapat beberapa ubur-ubur yang muncul, jadi Anda harus berhati-hati agar tidak tersengat oleh ubur-ubur ya. Pada area sisi sebelah kiri pantai, terdapat tebing yang bisa Anda daki dan dari atas tebing Anda bisa melihat landscape sekitar pantai dengan lebih jelas.

  1. Keraton Yogyakarta

Jalan-jalan ke Jogja kurang lengkap jika tidak mengunjungi ikon pusat kota Jogja, yaitu Keraton Yogyakarta atau Karaton Ngayogyakarta. Tempat ini merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Meskipun kesultanan Yogyakarta secara resmi sudah menjadi bagian dari Republik Indonesia, namun kompleks keraton masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan.

Sebagian daerah keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan juga gamelan. Sementara dari sisi bangunannya, Keraton Yogyakarta ini merupakan salah satu contoh hasil karya arsitektur istana Jawa terbaik dimana terdapat balairung-balairung mewah dan lapangan juga pavilion yang luas.

  1. Malioboro

Tempat ini wajib Anda kunjungi jika bertandang di Kota Jogja. Surga belanja yang terangkum di Pasar Beringharjo menjadi destinasi utamanya. Menjelang siang hingga malam hari, Malioboro menjelma menjadi surga belanja cindera mata dan barang-barang kerajinan. Berbagai macam jenis pedagang kaki lima menggelar dagangannya di emperan toko.

Saat matahari sudah tergelincir sempurna, lampu-lampu penerang jalan yang dinyalakan menjadikan Malioboro melipat gandakan daya pikatnya yang luar biasa dan menjadikan setiap orang yang pernah mengunjunginnya akan rindu dengan suasana ramahnya Jogja.

Seringkali Malioboro diserbu oleh wisatawan yang datang berkunjung, sehingga menjadikan jalanan macet. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Guna mempermudah perjalanan Anda menjelajahi tempat ini Anda bisa memilih jasa rental motor murah di jogja agar bisa menikmari liburan dengan maskimal.

 

Berwisata Asik Bersama Perdana Rent

Berwisata adalah kegiatan yang bisa menjadikan pikiran dan jiwa lebih segar. Untuk memudahkan dan memfasilitasi kendaraan yang hemat serta irit, Perdana Rent hadir sebagai rental motor Jogja yang menyediakan berbagai jenis motor keluaran terbaru yang siap mengantarkan perjalan Anda menjelejahi Yogyakarta. Selamat berlibur ya…

No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

WhatsApp Pesan Via WhatsApp