Positive SSL

Panduan Wisata Jogja Cukup Murah Hanya 600 Ribuan Sudah Bisa Bahagia

Panduan Wisata Jogja Cukup Murah Hanya 600 Ribuan Sudah Bisa Bahagia

Jogja itu identik dengan kenangan, baik kenangan bersama mantan ataupun teman. Jogja memang ngangenin dan susah dilupain. Yups…. Jogja itu memang istimewa. Kamu yang pernah wisata Jogja coba deh tanyakan pada hatimu, yakin gak mau bernostalgia lagi? Yakin, perasaan kamu sudah bisa moveon dari Jogja? Bagi kamu yang belum pernah ke Jogja, masa sih gak pengen kesini? Padahal deket lho….

Pesona kota Jogja selalu bisa menghipnotis mata. Gak perlu takut soal biaya hidup disini. Meskipun Jogja termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan banyak sekali peminatnya, tapi Jogja juga sudah sangat terkenal dengan pendidikannya. Jadi, banyaknya pelajar di kota Jogja inilah yang menjadikan para pelaku bisnis menawarkan harga “pelajar”. So, alasan apalagi yang membuat kamu belum bisa ke Jogja? Nyatanya, kalau kamu niat kamu bisa kok hanya dengan 600 ribuan aja dan siap menikmati kota Gudeg ini.

Hal Pertama yang Harus Kamu Siapkan saat Melancong adalah TIKET. Kalau Mau Murah ya Pilih Kelas Ekonomi Aja Ya…!!!

Untuk sampainya ke kota Jogja, kamu bisa menggunakan moda transportasi kereta. Kita posisikan saja sebagai backpacker alias traveler aja ya, jadi pertimbangannya murah menjadi sasaran utama. Saat kamu menggunakan kereta api, misalnya milih pemberangkatan dari stasiun Pasar Senin jam 11.30 WIB dan tiba di Jogja jam 19.50 WIB. Tarif kereta api Bengawan ini hanya 76 ribuan. Jadi, saat kamu pesan tiket untuk pemberangkatannya, jangan lupa pesan buat pulangnya juga ya…. Meskipun tiket murah biasanya banyak diburu tapi kamu bisa memantau dari jauh-jauh hari melalui situs resmi kereta api.

Perhitungan ke Jogja pemberangkatan dari Jakarta PP : Rp. 76.000 x 2 = Rp. 152.000

 

Sesampainya di Jogja, Langsung Sewa Motor merupakan Pilihan Cerdas

Berhubung kalian turun di dekat stasiun, alangkah lebih baik jika langsung sewa motor Jogja dekat stasiun Lempuyangan saja, hal ini untuk menghemat biaya dan tenaga. Meskipun kamu bisa sewa motor saat tibanya di Jogja namun kami sarankan untuk sewa motor jauh-jauh hari. Sebenarnya bisa aja sih kamu naik kendaraan umum, tapi tahu sendiri kan kalau kendaraan umum jam pemberangkatannya tidak bisa sesuka hati.

Jadi, kebayang dong repotnya kayak apa jika tujuan utama kamu di Jogja adalah pantai!!! Waktu yang dibutuhkan untuk menuju pantai-pantai nan cantik itu sekitar 2 jam dari Jogja dengan biaya 10 rb dan parkir 2 rb an aja.

Estimasi perhitungannya:

Sewa motor 2 hari @75.000 x 2  = Rp. 150.000

Bensin 2 hari @20.000 x 2             = Rp.  40.000

Estimasi biaya masuk pantai dan parkir 10.000+2000 = Rp.  12.000

 

Jika Sudah di Pantai Kamu Bisa Langsung Nginep Disekitar Sana, tapi Kalau Masih Dikawasan Jogja Pilih Penginapan di Daerah Sosrowijayan Aja Ya…..

Sebelum kamu tiba di Jogja sebaiknya buat planning dulu nih, kira-kira mau langsung ke pantai atau stay di Jogja dulu. Jika kamu berkeinginan untuk mengitari kota Jogja terlebih dahulu, tibanya kamu di stasiun lempuyangan langsung menuju Sosrowijayan aja jaraknya kurang lebih sekitar 500 meter. Sebenarnya, untuk sampai di tempat ini lebih deket kalau dari stasiun Tugu. Hanya saja, karena kereta mu kelas ekonomi jadi tidak bisa turun di Tugu. Eeiittss jangan sedih dulu, dari stasiun Lempuyangan misal malas buat jalan kaki kamu bisa kok naik Trans Jogja rute 2A. Dari halte Malioboro tinggal menyusuri gang Sosrowijayan dan siap deh milih penginapan murah mulai 75 ribuan aja.

Namun, jika tujuan kamu langsung ke Pantai bisa sewa hotel murah di Jogja yang ada di sekitar pantai tersebut ya… pada umumnya harga penginapan kalau di sekitar pantai tergantung dari momennya. Jika momennya bukan momen holiday seperti tahun baru, maka harga standarnya mulai dari Rp. 70 ribu rupiah.

Trans Jogja Lempuyangan sampai Malioboro = Rp. 5.000

Penginapan 2 malam @75.000×2  = Rp.150.000.

 

Hari Kedua, Saatnya Berkeliling Jogja Menuju Kraton, Taman Sari dan Candi Ratu Boko

Setelah hari pertama menempuh jarak yang cukup jauh dengan suguhan keindahan pantai dan wisata alamnya, kini saatnya kamu untuk berkeliling Jogja dan berwisata sejarah. Pagi hari setelah sarapan kamu bisa langsung ke Keraton. Tempat ini merupakan museum kebudayaan jawa yang sampai detik ini masih dijadikan sebagai tempat tinggal raja. Buka mulai dari jam 08.00 sampai 12.00 WIB. Dengan tiket 7 ribuan aja kamu sudah bisa memuaskan hasrat untuk menyaksikan berbagai pagelaran seni didalamnya.

Setelah itu, kamu bisa melanjutan perjalanan ke Taman Sari menggunakan persewaan motor Jogja untuk menikmati indahnya bangunan dengan arsitektur kuno dan pemandangan yang menakjubkan.  Tempat yang selalu dijuluki dengan “Istana Air Jogja” memang mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Bagaimana tidak, disetiap sudutnya menawaran keindahan mulai dari pintu gerbang taman sari yang selalu menjadi iconic untuk dijadikan spot foto karena menonjolkan keunikan yang artistik. Terlebih lagi, perpaduan ornamen-ornamen pada dinding gapura yang berbentuk ukiran-ukiran futuristik membuat pengunjung gagal moveon.

Di sore hari kamu bisa menjemput senja di Candi Ratu Boko. Kompleks istana yang dibangun pada abad ke 8 ini dapat mempercantik feed di instagram kamu loh. Sebenarnya ketiga tempat ini bisa dijangkau dengan menggunakan jasa sewa motor Jogja sekitar setengah hari saja. Itu artinya, kamu juga bisa kok mengunjungi obyek wisata lain yang tidak jauh dari lokasi tersebut seperti Candi Ijo, Candi Plaosan, Candi Mendut, Candi Pawon dan lainnya. Harga tiketnya sangat murah cuma 5 ribuan aja.

Tiket masuk Keraton Rp. 10.000

Tiket masuk Taman Sari Rp.   5.000

Tiket masuk Candi Ratu Boko Rp. 40.000

Pilih Menu Makanan yang Biasa Aja Asal Enak dan Kenyang, Spot dengan Baground Kece Ala-ala Restoran Mahal Pending Dulu

Selain mempertimbangkan biaya penginapannya, wajib banget bagi kamu yang ingin hemat di Jogja maka jangan tergiur makanan aneh-aneh. Cukup makan sederhana seperti Penyetan, Gudeg, Seafood hingga Angkringan. Makanan seafood yang recommended karena rasanya enak dan murah adalah Seafood 99. Meskipun namanya rumah makan seafood tapi disini menyediakan aneka sayuran dan daging ayam. Harga yang dibandrol per porsinya Cuma 10-12 ribu, itu sudah komplit dengan sayurannya. Murah banget kan? Lokasinya kalau dari Malioboro memang cukup jauh sih sekitar 15 menit karena dibelakang kampus UPN.

Makan 6 kali x 12.000 = Rp. 72.000

Jajan + Minuman  = Rp. 40.000

Saatnya Pulang……. Eeeeiiitttsss Sebelum Pulang Kita Berhitung Dulu Yuk “Estimasi Biaya yang Dikeluarkan Saat Liburan di Jogja, Jika Akumulasinya Masih Rp 600 Ribuan Kami Tunggu Kedatangamu Lho Ya…..

Kerata Api Bengawan Jakarta-Jogja PP = Rp.152.000

Sewa motor 2 hari @75.000 x 2   = Rp.150.000

Bensin 2 hari @20.000 x 2              = Rp.  40.000

Estimasi biaya masuk pantai dan parkir 10.000+2000 = Rp.  12.000

Trans Jogja Lempuyangan sampai Malioboro = Rp.    5.000

Penginapan 2 malam @75.000×2 = Rp.150.000.

Tiket masuk Keraton = Rp.  10.000

Tiket masuk Taman Sari = Rp.    5.000

Tiket masuk Candi Ratu Boko = Rp.  40.000

Makan 6 kali x 12.000  = Rp. 72.000

Jajan + Minuman  = Rp. 40.000

TOTAL = Rp. 676.000

Bagaimana? Cukup murah bukan? Itu estimasi kamu 2 hari di Jogja lho…  oh ya, kalau kamu mau rental motor Jogja bisa langsung booking dulu di Perdanarent ya….. motor yang disediakan sangatlah lengkap dan terawat. Jadi, gak perlu takut mogok di jalanan. Uuppss….

No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

WhatsApp Pesan Via WhatsApp