Positive SSL
Rekomendasi Desa Wisata Jogja Yang Menarik dan Edukatif

Selain wisata alamnya yang sungguh memikat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kota Jogja juga memiliki keramahtamahan penduduknya yang selalu bikin kangen dan merasa dirumah sendiri untuk setiap orang yang singgah. Kali ini kami akan mereview tempat wisata yang tak biasa, yaitu adalah tempat wisata di desa wisata. Selain anda akan mendapatkan kesenangan dan membuat rileks pikiran, anda juga dapat sambil belajar tentang hal hal menarik pada desa wisata tersebut. Nah sebelumnya untuk anda yang ingin berwisata simple tanpa harus repot tentang transportasi kami sarankan anda menggunakan armada sewa motor jogja dari Perdana Rent ya.. Ok sekarang mari kita mulai ulas satu satu tentang desa wisata mana aja yang kami rekomendasikan.

 

Desa Wisata Tanjung

Jika kamu sedang berada di daerah Sleman, jangan lupa untuk mengunjungi desa wisata ini. Sejak tahun 2001, Desa Tanjung sudah ditetapkan menjadi desa wisata wisata. Setidaknya terdapat 3 dukuh yang bisa kamu kunjungi yaitu Dukuh Banrejo, Tanjung, dan Panasan. Penduduk di sini kebanyakan seorang petani sehingga kamu bisa merasakan hidup sebagai seorang petani.

Desa Wisata Tanjung masih kental sekali dengan tradisi Jawa dan banyak pula benda-benda bersejarah yang masih tersimpan rapi. Salah satu yang menyita perhatian dan membuat menarik para wisatawan adalah, di Desa Wisata Tanjung ini adalah adanya rumah joglo yang konon katanya telah berusia 200 tahunan. Yang katanya menurut kabar yang beredar rumah seperti ini adalah merupakan simbol dari orang berada yang hanya di miliki oleh kalangan ningrat pada jaman dulu. Tapi sayang nya rumah ini telah mengalami beberapa kali renovasi karna keutuhan bangunan yang telah di makan usia, sehingga membuat kesan tradisionalnya sedikit berubah. Untuk anda yang penasaran segera kunjungi desa wisata ini yang berlokasi di Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

 

Desa Wisata Nglinggo

Sesekali kamu patut menikmati wisata yang tidak biasa jika berkunjung di Jogja. Mungkin beberapa tempat wisata lainya seperti mengunjungi pantai atau tempat bersejarah di Kota Jogja sudah pernah anda kunjungi. Nah dengan mengunjungi desa wisata Nglinggo mungkin menjadi hal baru untuk kamu. Berbagai wisata budaya Kulonprogo juga dapat kamu pelajari di sini lho, mulai dari belajar menari jathilan, membuat topeng hingga membantik. Tentu ini akan menjadi liburan yang tak terlupakan untuk kamu.

Destinasi desa wisata yang ini sangat cocok banget nih buat anda yang pengen banget mencari ketenangan dan merilekskan pikiran saat weekend setelah penatnya aktifitas harian anda dan padatnya pekerjaan. Di  Desa Wisata Nglinggo ini kalian bisa menemukan banyak area berfoto berlatarkan pemandangan alam yang indah. Tidak hanya sekedar berfoto kamu juga dapat menikmati udara yang sejuk sekali di sini dengan berjalan jalan di sekitar sini, karna di sekitar sini ada Kebuh Teh Nglinggo yang semakin membuat kamu betah dan nyaman sekali.

Desa wisata Nglinggo ini merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang sangat populer di Kulonprogo, sehingga wajar saja jika tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal, apa lagi di saat musim liburan dan di akhir pekan tempat ini selalu penuh.

Tak jauh dari lokasi kebun teh tersebut, kamu akan menemukan curug watu jonggol yang memiliki air terjun dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Desa Wisata Nglinggo terletak di Kelurahan Pagerkukuh, Samigaluh, Kulonprogo. Letaknya yang berada di dataran tinggi cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata sejuk nan asri. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di sini seperti melihat hamparan tanaman teh yang luas serta merasakan kehidupan sehat ala pedesaan.

 

Desa Wisata Kembang Arum

Anda dengan sewa motor jogja Perdana Rent berkunjung ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat.  Ya, di tempat wisata ini Kamu bisa flashback ke zaman lampau karena berbagai macam permainan masa kecil ada di sini seperti gobak sodor, engkleng, enggrang, dan dakon.

Desa wisata yang terletak di Desa Donokerto, Turi Sleman ini sebelumnya telah di resmikan pada tahun 2005. Udara yang sejuk dan pemandangan alam yang alami, bersih dan tertata rapi membuat para wisatawan yang jadi betah berlama lama di sini. Karna memang suasananya sangat tenang dengan perumahan yang tradisional, pemandangan yang asri dan udara yang sejuk.

Desa Wisata Kembang Arum yang memanfaatkan tanah sekitar 22 hektar ini juga terdiri dari tanah warga dan tanah kas desa tersebut menewarkan wisata alam yang edukasi untuk para wisatawan. Atas hal tersebut, menurut pengelola mampu menggerakan ekonomi lokal warga sekitar. Terbukti desa ini sudah didatangani sekitar ratusan ribu pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

Salah satu yang menarik, saat musim tanam padi tiba para pengunjung yang datang dapat ikut terlibat langsung dalam kegiatan pengolahan sawah seperti menanam padi atau pun membajak sawah. Pengalaman bertani dan menanam padi ini dapat menjadi pengalaman unik untuk anda yang tak akan terlupakan. Dan juga dapat memberikan pelajaran kepada generasi muda agar lebih menghargai makanan yang ada,

 

Desa Wisata Kasongan

Mungkin bagi sebagian orang desa wisata ini sudah begitu familiar. Ya, desa wisata Kasongan ini merupakan sentra pengrajin gerabah yang sangat mendunia. Bahkan tak sedikit produk produk hasil produksi Kasongan di ekspor ke luar negri. Di tempat ini, Kamu bisa belajar untuk membuat gerabah yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Terletak di daerah pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta atau bisa ditempuh  dengan menggunakan armada sewa motor jogja murah dari Perdana Rent dari kota Jogja ke arah Bantul dengan jarak sekitar kurang lebih  8 Km dan memakan waktu hanya sekitar 20 menit. Untuk mencapai lokasi ini kmau tidak akan terlalu sulit karena tepat di persimpangan jalan utama. Jika kamu dari arah kota Jogja, anda dapat langsung menuju ke jalan Bantul, lalu  dari Jalan Bantul terus ke selatan sampai bertemu gerbang Kasongan berupa gapura besar yang diapit dua patung kuda pengunjung akan disambut gapura besar berwarna merah bata dengan tulisan Kasongan.

Nah, referensi destinasi diatas cocok buat kamu yang ingin mencari liburan yang berbeda. Karna dengan mengunjungi beberapa lokasi desa wisata yang telah di kutip di atas, kamu egak akan cuma mendapatkan kenyamanan dan kesenangan saat berwisata tapi juga kamu bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Jadi, sambil menyelam minum air guys…

Ok, sekarang anda tinggal mengatur waktu dengan mengagendakan liburan anda untuk mengunjungi destinasi desa wisata tersebut. Jangan lupa, jadikan kami dalam perjalanan wisata anda dengan sewa motor jogja di Perdana Rent ya..

4.67/5 (3)

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

WhatsApp Pesan Via WhatsApp