Positive SSL

Sisi Lain Tentang Wisata Pantai Parangtritis

Sisi Lain Tentang Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Walaupun sudah banyak bermunculan pantai-pantai baru akan tetapi pantai yang satu ini tetap di lirik oleh para wisatawan. Keistimewaan pantai Parangtritis adalah lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jogja tidak seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Dari pusat kota, Kabupaten Bantul bisa ditempuh dengan waktu sekitar satu jam saja.

Yang menarik dari pantai Parangtritis adalah walaupun banyaknya mitos gaib berkembang akan tetapi tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke sini. Tentu saja bukan tanpa alasan para wisatawan memfavoritkan Parangtritis sebagai salah satu destinasi wisata Jogja yang tidak terlewatkan seperti tempat  diselenggarakannya event besar dan kelengkapan fasilitas seperti area parkir luas hingga aneka permainan yang disediakan pihak pengelola.

Di pantai ini Anda juga bisa menikmati indahnya sunrise ataupun sunset dengan panorama alam menakjubkan karena keberadaan bukit pasir, bukit bebatuan sampai dengan pasir vulkanik hitam yang berpadu bersama deburan ombak.

Karena akses menuju pantai yang berada di Kecamatan Kretek ini tidaklah sulit, maka memakai jasa rental motor jogja dari Perdana Rent ini adalah pilihan terbaik karna selain biaya yang murah tentunya juga ringkas. Di samping itu jarak yang tidak terlalu jauh juga menjadi alasan mengapa harga transportnya murah. Mudahnya akses menuju Parangtritis tak lepas dari perannya sebagai lambang kekuatan Daerah Istimewa Yogyakarta di samping Gunung Api Purba Merapi dengan Keraton Yogyakarta. Karena memiliki kedekatan maka pemerintah Jogja memperhatikan daerah wisata yang juga menjadi tempat penting bagi kerajaan ini.

 

Parangtritis Sebagai Pintu Gerbang Kerajaan

Rakyat Jogja meyakini bahwa Pantai Parangtritis merupakan perwakilan dari kekuatan air, Gunung Merapi melambangkan kekuatan api serta Keraton menjadi penengahnya dari kedua kekuatan besar ini. Ketiga lokasi penting ini bisa ditarik dengan garis lurus yang sejajar dari utara menuju selatan Jogja.

Pantai Parangtritis juga diyakini sebagai gerbang menuju Kerajaan Ratu Kidul sang penguasa laut wilayah selatan. Bahkan karena kentalnya pengaruh Ratu Kidul, sampai-sampai ada larangan tidak tertulis bahwa pengunjung pantai tidak diperbolehkan mengenakan pakaian berwarna hijau. Hal ini disebabkan karena sang ratu penguasa pantai selatan sangat memfavoritkan warna hijau sehingga siapapun yang datang ke wilayah pantai selatan mengenakan pakaian hijau maka bisa ditarik oleh Ratu Kidul menuju kerajaan bawah lautnya atau dengan kata lain tenggelam.

Karena dianggap keramat, maka Pantai Parangtritis sering dijadikan tempat meditasi oleh orang-orang yang mempercayainya. Sampai saat ini masyarakat Jogja juga masih menjalani ritual Labuhan. Labuhan sendiri merupakan tradisi melarung sesaji ke laut lepas untuk disajikan pada sang penguasa supaya mendapatkan keberkahan dan keselamatan hidup. Jika ingin menyaksikan sendiri ritual labuhan maka Anda bisa datang dengan cara sewa elf Jogja di hari-hari penting seperti ketika raja menikahkan putra putrinya ataupun perayaan tertentu.

 

Fenomena Alam Langka Gumuk Pasir

Gumuk pasir dalam bahasa Indonesia kita sebut dengan gundukan pasir. Keunikan lain dari Pantai Parangtritis adalah keberadaan gumuk pasir ini karena termasuk fenomena langka. Pasir berupa gundukan yang ada di Parangtritis merupakan material vulkanik dari Gunung Api Purba Merapi yang hanyut terbawa oleh sungai sampai ke laut. Setelah sampai laut, pasir-pasir ini terbawa oleh ombak ke bibir pantai lalu tertiup angin hingga membentuk gundukan-gundukan pasir dengan guratan-guratan layaknya di gurun.

Untuk bisa membentuk guratan-guratan layaknya gurun, fenomena alam ini terjadi selama ribuan tahun lamanya. Gumuk Pasir di Parangtritis ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk sekedar berfoto ria, pembuatan video klip, pembuatan film ataupun foto pre wedding.

Agar lebih simpel sebaiknya menggunakan sewa motor jogja. Anda bersama rombongan untuk datang ke sini di sore hari supaya bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Dari sudut manapun, Anda bisa mendapatkan panorama yang begitu menakjubkan. Nuansa dramatis, romantis dan magis bisa dirasakan ketika secara perlahan matahari mulai turun ke dasar lautan. Setelah matahari terbenam, wisatawan bisa menikmati minuman hangat seperti susu jahe yang bisa disruput bersama roti bakar dan jagung bakar sambil menikmati suasana pantai.

 

Parangtritis dan Sejarahnya

Dibanding pantai lain, Parangtritis memiliki fasilitas paling lengkap mulai dari hotel untuk menginap, resto sampai dengan kuda tunggang atau kuda poni yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berkeliling pantai. Selain menikmati suasana pantai, Anda juga bisa menikmati bukit-bukit, air terjun, gua sampai dengan pemandian air panas alami di Parangtritis.

Konon menurut cerita secara turun-temurun, dahulu ada seorang pangeran yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit bernama Dipokusumo dan melakukan semedi. Ketika itu sang pangeran meliat ada air menetes dari celah karang sehingga menamai daerah tersebut dengan nama Parangtritis. Parang berarti batu sedangkan tritis artinya air yang menetes sehingga kurang lebih Parangtritis memiliki arti air yang menetes dari bebatuan karang.

 

Hiburan Malam di Pantai Parangtritis

Rute Menuju Parangtritis

Lokasi wisata yang berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota ini bisa dicapai dengan melewati jalur Yogyakarta menuju Kretek lalu Parangtritis ataupun Yogyakarta menuju Siluk lalu Parangtritis. Dibandingkan dengan rute Kretek, Rute Imogiri memang lebih jauh akan tetapi untuk pemandangannya memang sangat indah. Dengan melalui rute Imogiri maka Anda bisa sekaligus singah ke makam para raja Imogiri.

Setelah sampai di Pantai Parangtritis, Anda bisa berkeliling sambil menikmati  suasana pantai menggunakan kendaraan tradisional andong dengan tarif sekitar 25 ribu rupiah sampai dengan 100 ribu rupiah. Harga sewa andong ini dihitung berdasarkan durasi atau putaran. Selain andong, tersedia juga kendaraan ATV dengan biaya sewa 50 ribu rupiah untuk durasi 15 menit.

Saat anda menggunakan armada sewa motor jogja dari perdana rent. Anda bisa meminta petunjuk arah yang termudah untuk menjangkau lokasi ini. Dan kami siap membantu anda jika anda kebingungan di tengah jalan.

 

Objek Wisata di Parangtritis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, selain menikmati suasana laut di sekitar pantai ini Anda juga bisa menikmati objek wisata lain seperti:

  • Parawedang (pemandian air panas)
  • Air Terjun Parangtritis
  • Goa Langse
  • Goa Semar
  • Pantai Parangkusuma
  • Pantai Baron
  • Tarian Kuda Lumping
  • Candi Gembirawati
  • Pantai Samas

Di Parangtritis Anda bisa melakukan beragam kegiatan seru seperti voli pantai, menaikan layang-layang, menaiki andong, berselancar, bermain paralayang, berfoto ataupun bahkan bersemedi. Karena iklim di Parangtritis adalah muson tropis maka wilayah ini memiliki curah hujan cukup tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk datang ke Parangtritis pada saat musim kemarau tiba seperti Bulan Agustus dan menghindari puncak musim hujan pada Bulan April supaya kegiatan wisata tidak terganggu karena hujan.

Selain becek, saat musim hujan suhu udara di Pantai Parangtritis bisa mencapai 27 derajat celcius dan suhu terendahnya mencapai 25.5 derajat celcius sehingga tergolong dingin. Tentu Anda tidak ingin berlibur dengan suasana kurang menyenangkan bukan? Maka susun jadwal liburan mulai sekarang untuk mendapatkan waktu yang tepat atau pesan paket wisata dari rental kami untuk mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan.

No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

WhatsApp Pesan Via WhatsApp