Positive SSL

Tempat Makan Ikonik Yang Hits Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Wisata Di Jogja

Tempat Makan Yang Hits Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Wisata Di Jogja

Kota Jogja memang sungguh luar biasa karna berbicara tentang kota ini, rasa rasa nya tidak akan pernah ada habis habis nya. Selalu saja ada hal baru dan seru dan tidak akan di lewatkan saat membahasnya. Selain banyaknya tempat wisata, ramah nya para penduduk Jogja yang semakin membuat wisatawan nyaman dan serasa berada di rumah sendiri dan wisata kuliner jogja yang sangat menggiurkan. Untuk itu, jika Anda sedang menghabiskan libur panjang di Jogja, jangan lupa untuk menyambangi tempat makan ikonik dan legend ini yang terkenal memiliki rasaa yang lezat dan legendaris. Penasaran tempat mana sajakah itu? Yuk…. simak terus ulasan lengkapnya dibawah ini.

 

  • The House of Raminten

Meskipun namanya menggunakan bahasa inggris, tapi Anda jangan terkecoh dan merasa minder ya… karena rumah makan ini sebenarnya menyuguhkan suasana dan menu masakan yang sangat tradisional. Terlebih lagi, saat pertama Anda masuk maka akan mencium aroma khas dari “The House of Raminten”. Tidak hanya itu, menu makanan yang disajikan juga sangatlah beragam seperti rawon, nasi liwet, gudeg, pepesan, nasi goreng dan lain sebagainya. Untuk minumannya juga terdapat aneka jamu khas jawa dan berbagai minuman segar lainnya.

Raminten ini memberikan bukti bahwa makanan tradisional pun bisa di keman dengan nuansa yang lebih elegan dan berkelas sehingga membuat daya jual raminten semakin tinggi. Saat di Raminten anda akan terkagum dengan arsitektur dan interior yang tersaji pada tempat ini. Terdapat kereta kuda yang menyambut para tamu datang, dan saat di dalam tercium aroma khas raminten. Tidak sampai di situ anda akan di hibur dengan gending musik jawa yang semakin menambah kental suasana jawa.

Menariknya lagi, rumah makan ini buka selama 24 jam, jadi jika Anda ingin makan pada tengah malam atau dini hari bisa mengunjungi House of Raminten. Nah, bagaimana? Menarik bukan? untuk mengunjungi tempat ini Anda harus menuju Jalan Faridan Muridan Noto No. 7, Gondo Kusuman, Kotabaru, Yogyakarta.

  • Gudeg Pawon

Seperti julukannya kota Jogja sebagai kota Gudeg, tak heran jika banyak varian Gudeg yang bisa Anda cicipi selama di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, Pawon yang dalam bahasa jawa berarti dapur, sehingga jika Anda berkunjung ke Gudeg Pawon maka dapat melihat proses pembuatan gudeg sekaligus mencici gudegnya langsung di dapurnya. Hal ini malah membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan masyarakat sekitar. Wajar saja jika keunikan ini membuat para tamu yang datang untuk dapat mencicipi gudeg pawon ini harus rela antri berjam jam.

Tempat makan ini buka mulai dari 22.00 sampai dini hari dan tidak pernah sepi pengunjung, bahkan setiap kali warung ini buka pengunjung sudah harus rela antri 2 jam. Tentu, rasanya bisa dibayangkan seperti apa? mengingat, banyak orang yang sampai rela berdesak-desakan hanya demi makan gudeg di tempat ini. Untuk menyambangi Gudeg Pawon, Anda dapat menuju di Jalan Janturan No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Untuk anda yang ingin mencicipi gudeg pawon ini kami sarankan datang sebelum jam buka. Karna lokasi nya yang tidak terlalu luas dan terbilang sedikit sulit untuk mencari tempat parkir dan antri nya yang cukup mengular. Namun untuk kamu yang mau ringkas dan simple anda dapat menggunakan sewa motor jogja untuk dapat mengunjungi lokasi tersebut.

 

  • Sate Klathak Pak Pong

Apa yang tersirat di benak Anda saat mendengar nama “Klathak”? pasti tidak sedikit dari mereka yang akan bertanya dan mengangggap bahwa itu sebuah nama hewan. Sudah pasti itu salah besar…. Konon katanya nama Klathak di ambil karna sate ini di tusuk dengan menggunakan besi panjang, dan saat bersenggolan memunculkan bunyi klathak. Sate Klathak merupakan menu makanan sate khas dari Jogja.

Sata klatak ini memiliki sebuah keunikan yang membuat nya berbeda dengan sate pada umumnya. Karna pada saat proses pembakaran sate ini di bumbuinya hanya dengan garam saja sehingga polos warnanya, padahal sate pada umumnya biasanya di bumbui dengan bumbbu lengkap kacang atau kecap manis. Namun sate klatak ini juga disajikan dengan kuah gule kambing kental yang sangat menggugah selera.

Beda kan dari jenis sate pada umumnya? Meskipun bumbunya minimalis, tapi jangan underestimate dulu terhadap sate klathak ya.. karena rasa yang disuguhkan oleh Pak Pong ini terkenal lezat dan bikin Anda ketagihan. Nih….bagi Anda penggila sate wajib coba ya… dan yang baru mau coba, “awas nanti ketagihan”… 

 

  • Angkringan Lik Man

Sering kan kita dengar istilah “belum ke Jogja, kalau kamu belum coba angkringannya” yah.. ungkapan ini memang benar adanya karena selain terkenal akan gudegnya yang lezat. Kota Jogja juga terkenal dengan angkringan yang tersebar disetiap titik kota. Harga yang murah dengan variasi menu yang beragam tentu membuat wisatawan ingin terus mencicipinya. Salah satu angkringan yang sudah populer di Jogja adalah Angkringan Lik Man.

Meskipun namanya sama-sama angkringan, pasalnya Angkringan Lik Man ini berbeda dengan angkringan pada umumnya. Bahkan, Angkringan Lik Man sudah mempunyai pelanggan setia yang kerap menikmati sego kucing (nasi kucing) yang lezat itu. Nasi kucing merupakan nasi dengan porsi kecil, layaknya porsi makan kucing.

 

  • Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele merupakan makanan kuliner olahan Lele yang merupakan khas dari Jawa Tengah dan juga tersedia di beberapa daerah lainnya. Nah, di Jogja ada mangut lele yang sangat legendaris karna tiap orang membicakan tentang mangut lele selalu tempat ini yang disebutkan. Ya, Mangut Lele Mbah Marto memang sudah sangat legendaris. Pasalya tempat makan ini sudah ada sejak tahun 60 an. Cara pelayanan yang unik yaitu dengan melayani pembeli dari dapur langsung semakin menambah keunikan tempat ini. Bahkan jika anda kuat untuk menahan asap, anda boleh juga menyantap nya di dapur sambil berbincang ringan dengan mbah Marto.

Untuk kamu yang belum tahu apa sih mangut lele itu..? Mangut lele adalah lele yang diasap atau dibakar, kemudian disajikan dengan bumbu pedas nan nikmat. Rasa yang unik dan pedas menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Mangut Lele Mbah Marto ini. Ohýa.. sebetulnya awal mula mbah marto berjualan tidak langsung di pawon atau di rumah ini. Jadi sebelumnya mbah marto berjualan keliling di sekitar pasar Beringharjo, dan itu pun tidak langsung berjualan Mangut Lele. Mbah Marto sebelumny telah mencoba berjualan gudeg, opor ayam, dan sambal krecek. Namun yang paling diminati ternyata Mangut Lele nya. Hingga sampai mbah marto memutuskan tidak lagi berjualan keliling pasar, namun pembeli yang rela datang kerumahnya.

Nah, sekarang mana yang mau kamu santap..? semua nya menggiurkan bukan. Nah, yuk buruan segerakan rencana liburan mu di Jogja dan segera cicipi makanan khas yang super lezat. Dan untuk perjalanan anda untuk wisata kuliner di Jogja kami siap membantu mengakomodir dengan sewa motor jogja perdana rent.

Yuk, kami tunggu kamu datang ke Jogja..

4.8/5 (5)

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

WhatsApp Pesan Via WhatsApp